fbcmd: Menjalankan Facebook melalui Command Line

Diposting oleh adh-id on 27.1.13

Dari bocah tengil sampe emak-emak gaul pasti kenal sama jejaring sosial yang satu ini, "facebook". Bisa dibilang, saat ini facebook merupakan jejaring sosial terbesar dan tercepat dalam perkembangannya. Dampak positifnya ada, namun negatifnya juga banyak. Semuanya kembali pada masing-masing individu sebagai penggunanya. Kita tinggalkan sejenak facebook dan beralih ke linux. Lha apa hubungannya ?.
Berawal dari sebuah pemikiran sederhana, "para pengguna Linux sebagian besar tetap mengandalkan command line untuk melakukan suatu pekerjaan karena dirasa lebih efisien". Sebagai contoh, yang berhubungan langsung dengan internet yaitu kita bisa mengunduh file menggunakan '$ wget' melalui terminal. Pertanyaannya adalah, "bisakah kita menggunakan command line untuk menjalankan facebook ?". Bermodalkan rasa penasaran, saya langsung ke TKP, mencari narasumber (siapa lagi kalau bukan mbah google). Sayangnya, saat terakhir memperbaharui blog ini, link yang dikasi sama si mbah sudah tidak bisa dibuka sehingga tidak bisa berbagi. Namun setidaknya berikut adalah tahapan yang sudah saya coba dan alhamdulillah berhasil.
Terlebih dahulu, pastikan php telah terinstal pada sistem. Untuk mengeceknya gunakan perintah yang saya cetak miring berikut:

     hartanto@adh-id:~$ php -r "echo phpversion();"
     ini adalah outputnya:   hartanto5.4.4-11hartanto@adh-id:~
     hartanto@adh-id:~$ php -r "echo ini_get('allow_url_fopen');"
     ini adalah outputnya:   1hartanto@adh-id:~$

Jika belum, gunakan perintah '# aptitude install php5 php5-cli' untuk menginstallnya.

Unduh file fbcmd.zip disini.

Pindah ke direktori dimana unduhan tersimpan (misal di direktori Downloads. Pada terminal,ketikkan '$ cd Downloads'). Ekstrak file fbcmd.zip lalu pindah ke direktori fbcmd
     .../Downloads$ unzip fbcmd.zip
     .../Downloads$ cd fbcmd

Instal menggunakan perintah berikut:
     .../Downloads/fbcmd# php fbcmd_update.php

Selesaikan tahap instalasinya
     .../Downloads/fbcmd# php fbcmd_update.php install

Sudah bisa login sekarang Pak dhe ?. Ternyata belum. Masih ada beberapa tahapan lagi yang bertujuan mensinkronisasi akun facebook kita dengan fbcmd. Cekidot!

Sebagai user biasa, gunakan perintah '$ fbcmd' untuk memulai.
Untuk mengakses akun, gunakan perintah '$ fbcmd go access'. Kita akan diarahkan ke tampilan awal facebook menggunakan browser default (misal Iceweasel).

Login seperti biasa. Langkah selanjutnya relatif mudah, yaitu buat dan setujui syarat dan kondisinya.

Setelah melalui tahap penyimpanan info login, kita akan diberikan KODE untuk masuk facebook menggunakan command line.

Login menggunakan perintah '$ fbcmd aut KODE'. Di akhir output, kita akan diminta memasukkan perintah '$ fbcmd addperm' sebagai pengaturan tambahan.

Done!. Facebook sudah bisa dijalankan.
Sebagai percobaan, coba update status dengan perintah 'fbcmd status "status kita". Now, please check your newest status. Jika berhasil, maka kita akan menemukan tulisan 'waktu update melalui Command Line' pada status yang baru di update tersebut.

Akhirnya selesai juga menulis dokumentasi yang lumayan panjang dan ribet ini. Namun secara keseluruhan  sebanding dengan pengetahuan yang didapat. Bagi yang penasaran dan ingin tahu perintah selengkapnyadari fbcmd ini anda bisa melihatnya pada manual paket 'fbcmd man'.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar