Direct Finding by the Sense of Sight

Diposting oleh adh-id on 8.9.12

Pernahkah anda melihat sekelompok ikan laut berenang dalam jumlah yang sangat besar ?. Dalam ilmu perairan, ikan-ikan seperti ini digolongkan kedalam shoaling fish, atau ada juga yang menyebutnya schooling fish. Wajar saja semakin lama ikan semakin susah ditangkap. Lha wong ikannya sudah pada sekolah *kidding. Kembali ke topik, Ikan-ikan inilah yang menjadi target utama para nelayan di laut, khususnya nelayan purse seine. 
Untuk mengetahui keberadaan schooling fish, saat ini para nelayan (utamanya yang bermodal serta skala besar) menggunakan suatu alat yang bernama fish finder. Alat ini bekerja dengan mendeteksi perbedaan panas tubuh ikan dengan lingkungannya. Namun tahukah anda, selain menggunakan fish finder, kuantitas dan jenis ikan juga bisa diketahui melalui tanda-tanda yang diberikan oleh alam. Beberapa yang pernah saya terima semasa kuliah yaitu sebagai berikut:

(1) Besarnya kelompok burung camar. Biasanya dapat digunakan untuk mendeteksi besarnya kelompok cakalang (2) Gerakan dan cara terbang burung. Hal ini dapat digunakan untuk menduga jenis ikan yang berada dibawah perairan. Sebagai contoh, (a) Gerakan burung yang menukik dan tebang keatas lagi. Ini merupakan tanda bahwa ikan yang berada dibawahnya adalah ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) (b) Gerakan burung yang menukik kemudian terbang mendatar, maka burung tersebut mengikuti kelompok ikan madidihang (Thunus albacares) (c) Gerakan burung yang terbang mendatar, maka burung tersebut mengikuti arah renang ikan kabadida (Euthynnus alleteratus affinis) (3) Dengan melihat adanya percikan air atau loncatan ikan. Hal ini didasarkan pada sifat ikan cakalang sewaktu mengejar ikan kecil di permukaan laut dengan loncatan-loncatan yang akan menimbulkan percikan-percikan air. (4) Adanya ikan paus . Ikan paus biasanya mengejar ikan keci dan krill sehingga ikan cakalang sering mengikuti ikan paus tersebut.

Hal penting yang harus digarisbawahi adalah metode tersebut biasanya hanya dilakukan oleh fishing master yang sudah berpengalaman saja. Mengapa tidak disarankan untk orang awam ?. Tidak ada yang menjamin bahwa perkiraan kita mengenai schooling fish tepat. Bisa saja yang kita temukan adalah segerombolan hiu kepala martil. Kalau sudah begitu, go what (baca: gawat).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar