Linux_Introduksi

Diposting oleh adh-id on 1.1.11

Bagi saya pribadi, keputusan untuk menggunakan distro Linux berawal dari rasa ingin tahu terhadap sistem operasi ini. Keinginan itu pun baru timbul setelah pulang kampung ke Sumatera. Sempat nyesel juga sih. Kenapa di Semarang dulu g belajar yang beginian. Tapi yawislah, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Toh disini komunitas Linux juga sudah mulai berkembang. Hanya untuk gathering komunitas, saya belum bisa ikut. Jadi belajarnya otodidak, trial and error {dalam istilah saya, dicoba lalu error ;)}.

Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih distro. Bukan karena distro A atau B adalah yang terbaik, namun dimana kita dapat menemukan jawaban atas kesulitan yang akan dihadapi dalam menggunakan distro tersebut. Mengapa hal ini penting ?. Terkadang apa yang kita peroleh di buku panduan belum cukup, dan komunitaslah tempat terbaik bagi kita untuk memperoleh penjelasan. Namun tidak salah jika kita memilih distro karena populeritasnya. Biasanya distro populer sudah memiliki dukungan komunitas yang baik.

Pada dasarnya, yang membedakan antara distro yang satu dengan yang lainnya adalah kemudahan penggunaan serta kelengkapan paket (aplikasinya). Ini juga bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam pemilihan distro. Misal, demi kemudahan penggunaan, para pengguna pemula seperti saya biasanya memilih distro dengan dukungan antar muka grafis semisal Debian, Ubuntu dan turunannya, Opensuse, Fedora, dan lain sebagainya. Namun tidak salah jika anda ingin mencoba distro semisal Slackware (bagi yang baru pertama menggunakan Linux, saya tidak menyarankan langsung menggunakan ini, hhe).

Karena berlisensi GNU, banyak sekali distribusi Linux yang berkembang. Beberapa yang populer terutama di Indonesia yaitu Red Hat, Slackware, Backtrack, Mandrake, Fedora, OpenSuse, Debian GNU/ Linux, Ubuntu, Linux Blankon, PC 3D OS, Garuda OS, dan Linux Nusantara. Empat yang terakhir merupakan persembahan anak negeri lho.

Ingin tahu lebih jauh mengenai Linux ?. Jika tidak ada orang atau komunitas pengguna Linux terdekat di lingkungan anda, silahkan bertanya pada mbah google. Ia akan mengarahkan anda ke pencarian yang dimaksud. Ini juga yang menurut saya menjadi sisi positif lain dari Linux; perbanyaklah membaca.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar