Memasang Antivirus BitDefender di Debian

Diposting oleh adh-id on 7.10.11

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSaXdQ2X8OgbaPJgJkShLy78OP7dAqzZAE8OmcYggCXjyyq4B5DOr0-zvr1pV_1DilZYFiBrDKfli3ANFKb6xfS9r-x8Eq-Q14KIv1HKzTNyRMA3Lr3IepB1P-mCQ8bSez1AchRhtomu0/s200/bitdefender-logo.jpg
Salah satu kelebihan Linux terletak pada tingkat keamanan terhadap serangan virus. Namun untuk beberapa alasan yang berkaitan dengan pengguna selain Linux, keberadaan antivirus merupakan sesuatu yang patut untuk dipertimbangkan.
BitDefender merupakan salah satu antivirus yang dapat berjalan pada sistem Linux. Untuk mendapatkan lisensi gratisnya terlebih dahulu kita harus mengirimkan permintaan dengan cara mengisi dan mengirimkan form registrasi yang terdapat pada website BitDefender. Selanjutnya kita akan menerima email yang berisikan kode lisensi untuk pengguna perorangan beserta link unduhnya. Sesuaikan ekstensi file yang akan diunduh dengan distribusi yang kita gunakan (misal, untuk Debian berplatform i386, file yang diunduh yaitu BitDefender-Antivirus-Scanner-7.6-4.linux-gcc4x.i586.deb.run).

Berikut langkah pemasangannya:
Jalankan terminal sebagai root.
Pindah ke direktori dimana file unduhan disimpan.
Ketikkan perintah ~# sh nama-file-unduhan.deb.run untuk memasang file unduhan.
~# sh BitDefender-Antivirus-Scanner-7.6-4.linux-gcc4x.i586.deb.run
Ketik y untuk menyetujui pemasangan dan alokasi penggunaan HD. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada "End Software User License Agreement". Tekan Enter hingga baris akhir persetujuan tersebut, lalu ketikkan "accept" untuk memasang BitDefender scanner.

Menjalankan BitDefender
Pada menu Application pilih System Tool--BitDefender Scanner.
Untuk dapat menggunakan BitDefender Scanner selama satu tahun, masukkan kode lisensi yang telah diterima.
Pada tahap ini kita sudah dapat menggunakan BitDefender untuk scanning, namun sebaiknya lakukan pembaharuan antivirus signature-nya terlebih dahulu dengan memilih Update.
Oh iya, selain melalui tampilan grafis, operasi juga dapat dilakukan melaui command line. Sebagai contoh, pembaharuan antivirus signature dilakukan menggunakan perintah ~# bdscan --update .
Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar